Rabu, 11 Maret 2015

TIPS MENAIKAN BERAT BADAN BAYI

Berat badan bayi biasanya dipengaruhi oleh genetik, asupan nutrisi  dari ibunya. Bayi yang baru lahir berat normalnya adalah 2500gr – 4500gr. Pada dasarnya berat badan bayi sudah tercatat dalam grafik untuk di jadikan acuan oleh para ibu, salah satu grafik panduan yang umum digunakan dalam pengukuran berat badan bayi yaitu kartu menuju sehat atau KMS. Fungsi grafik ini adalah agar setiap ibu mengetahui perkembangan bayinya.
Lalu bagaimana jika berat badan bayi anak kita tidak sesuai dengan anak pada umumnya? Para ibu past mencari cara agar tumbuh kembang anaknya normal dan ideal. Apabila pertambahan bayi anda cukup lamban, berikut saya memberi sedikit tips bagaimana cara menaikan berat badan bayi.
1.     Perhatikan pola makan ibu pada saat proses kehamilan. Seperti yang diketahui pada saat proses kehamilan bayi menerima asupan gizi dari apa yang ibunya konsumsi, jadi sangat penting memerhatikan nutrisi dan protein pada saat proses kehamilan.
2.     Berikan ASI terbaik. ASI yang berkuliatas di berikan di usia 6 bulan ke bawah, ASI yang berkualitas di hasilkan dari pola makan dan cukup dengan mengurangi tekanan yang bisa mengakibatkan strees, karena jika seorang Ibu dalam tekanan dapat mempengaruhi kualitas ASI.
3.     Perhatikan waktu pemberian ASI. Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas Ibu bisa menjadwalkan pemberian MPASI sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari. Porsi pemberian harus selalau di sesuaikan dengan usia bayi, jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas sangat membahayakan karena ususnya masih terlalu lemah.
Pemberian MPASI merupakan salah satu cara menambah berat badan bayi supaya normal dan ideal karena si kecil mendapatkan nutrisi dobel dari ASI serta bubur atau tim dengan kandungan gizi sesuai kebutuhan di masa pertumbuhannya.
Mungkin itu sedikit tips dari saya, ibu yang pintar selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar