Kamis, 05 Januari 2017

Jenis-Jenis Pasir dalam Proses Pengecoran Logam

     Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses pengecoran logam dengan sand casting ialah proses pengecoran yang menggunakan media pasir sebagai cetakannya. Ada beberapa macam jenis  pasir yang dipakai dalam pengecoran sand casting. Tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hasil cetakan tersebut sempurna. Syarat bagi pasir cetak antara lain:

1. Mempunya sifat yang mampu bentuk, sehingga mudah dalam pembuatan cetakan dengan kekuatan yang cocok. Cetakan yang dihasilkan harus kuat dan dapat menahan temperatur logam cair yang tinggi sewaktu dituang kedalam cetakan.

2. Permeabilitas yang cocok, agar udara yang terjebak didalam cetakan dapat keluar melalui sela-sela butir pasir untuk mencegah terjadinya cacat coran seperti gelembung gas, rongga penyusutan dan lain-lain.

3. Distribusi besar butir yang cocok.

4. Mampu dipakai lagi, tentu dalam proses produksi faktor eknomois sangat diperhatikan untuk itu pasir harus dapat digunakan kembali.

5. Tahan terhadap temperatur panas saat dituangkan dalam cetakan.

6. Pasir harus murah.

     Pasir cetak yang lazim digunakan dalam industri pengecoranadalah sebagai berikut:
1. Pasir Silika
     Pasir silika adalah pasir yang didapat dengan cara menghancurkan batuan silika, kemudian disaring untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan.


2. Pasir Zirkon
       Pasir zirkon berasal dari pantai timur australia yang mempunyai daya taha api yang sangat efektif untuk mencegah sinter. Sinter sendiri ialah titik temperatur dimana pasir mulai meleleh.

3. Pasir Olivin
       Pasir olivin didapat dengan cara menghancurkan batu membentuk 2MgO, Si02, 2FeO SiO2. Pasir olivin mempunyai daya hantar panas yang lebih besar dibandingkan pasir silika.


Sekian info untuk artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Teknik Jaya

1 komentar:

  1. Gan, pasir yg mempunyai daya rekat alamiah itu pasir apa gan?

    BalasHapus