Selasa, 03 Januari 2017

Sejarah Penggunaan Material Baja

Sekilas tentang baja:
     baja adalah logam paduan, logam besi dengan unsur dasar dengan paduan lainnya, termasuk karbon. Baja termasuk dalan jenis logam ferro. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0,2 - 2,1% sesuai dengan spesifikasinya. komponen yang pada umumnya sering terdapat dalam baja yaitu besi, karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan sebagian kecil oksigen, nirogen dan alumunium.

Bijih Besi

Sejarah pengunaan baja:
     baja mulai digunakan sekitar tahun 4000 SM, besi (sebagai komponen utama penyusun baja) digunakan untuk membuat peralatan sederhana. Material ini dibuat dalam bentuk besi tempa, yanng diperoleh dengan memanaskan bijih-bijih besi dengan menggunakan arang. Sekitar akhir abad ke 18  dan permulaan abak ke- 19, besi tuang dan besi tempa sudah banyak mulai banyak digunakan untuk pembuatan struktur jembatan. Jembatan lengkung coalbrookdale yang melintas diatas sungai Severn (Inggris) adalah jembatan pertama yang terbuat dari besi tuang. Jembatan dengan panjang sekitar 30 m dibangun oleh Abrahan Darby III.

 Jembatan : The viaduct La Polvorilla, Salta Argentina
     Pada abad ke-19 mulai muncul material baru yang dinamakan dengan baja yang merupakan logam paduan antara besi dan karbon. Material baja mengandung kadar karbon yang lebih sedikit daripada besi tuang, dan mulai digunakan untuk industri-industri berat. Sir Henry dari Inggris merupakan yang pertama kali membuat baja dalam volume besar dan menerima hak paten dari pemerintah Inggris pada tahun 1855 atas temuannya tersebut. Beliau mempelajari bahwa dengan menghembuskan udara diatas besi cair panas akan membakar kotoran-kotoran yang ada dalam besi tersebut, namun secara bersamaan proses ini juga menghilangkan komponen-komponen seperti karbon dan mangan. Selanjutnya komponen-komponen penting ini dapat digantikan dengan suatu logam paduan antara besi, karbon dan mangan, disamping itu juga ditambahkan batu kapur sebagai pengikat senyawa fosfor dan sulfur. Dengan ditemukannya proses bassemer, maka di tahun 1870 baja mulai dapat diproduksi dalam sekala besar dan secara perlahan material baja mulai mengantikan besi tuang sebagai elemen kontruksi.
     Di Amerika Serikat jembatan kereta api pertma yang dibuat dari baja adalah jembatan Eads, yang diselesaikan pada tahun 1874 terdiri dari tiga buah bentangan.

Pustaka : Seiawan, Agus, "Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD edisi Kedua" Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar