Kamis, 05 Januari 2017

Pengecoran Logam

       Kali ini kita akan membahas sedikit tentang pengecoran logam.
       Pertama apa  yang dimaksud dengan pengecoran logam? Proses pengecoran pada dasarnya ialah penuangan logam cair kedalam cetakan yang telah terlebih dahulu dibuat pola, hingga logam cair itu membeku dan kemudian dipindahkan dari cetakan.
      
      Selanjutnya kita akan mengenal sedikit tengan apa saja jenis-jenis pengecoran logam, adapun jenis yang adaya itu:
1. Sand Casting
       Yaitu jenis pengecoran dengan menggunakn cetakan pasir. Jenis pengecoran ini paling banyak dipakai karena ongkos produksinya murah dan dapat membuat benda coran dengan kapasitas yang berton-ton.

2. Centrifugal Casting
       Pada pengecoran jenis ini cetakan diputar bersamaan dengan penuangan logam cair kedalam cetakan. Yang tujuannya agar logam cair itu terdorong dengan gaya sentrifugal akibat berputarnya cetakan. Contoh benda coran yang biasanya menggunakan jenis coran ialah pelek dan benda coran lainnya yang berbentuk bulat atau silinder.

3. Die Casting
      Jenis pengecoran ini adalah pengecoran yang cetakannya terbuat dari logam. Sehingga cetakannya dapat dipergunakan berulang-ulang. Biasanya logam yang dipakai adallah logam non ferro.

4. Invesment Casting 
        Yaitu jenis pengecoran yang polanya terbuat dari lilin (wax), dan cetakanya terbuat dari keramik. Contoh benda coran yang biasa menggunakan jenis pengecoran ini ialah benda coran yang memiliki kepresisian yang tinggi misalnya rotor tubin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar