Rabu, 08 Oktober 2014

Makalah Aplikasi Flock

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dewasa ini internet bukan lagi merupakan sesuatu yang aneh di kalangan masyarakat, karena penggunaan internet sebagai media komunikasi massa sudah hampir kita temui dimana-mana. Selain sebagai media komunikasi, internet juga sebagai media informasi. Berbagai macam informasi kini mudah didapatkan di dunia internet. Tidak hanya orang dewasa yang bisa menggunakan internet bahkan anak-anak sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan internet. Untuk dapat menjelajahi dunia internet diperlukan sebuah aplikasi software yang disebut dengan Web Browser. Beberapa aplikasi software yang sering digunakan saat ini diantranya Mozila firefox, Opera mini, Flock dan lain-lain.

B.Rumusan Masalah

1. Bagaimana sejarah software aplikasi Flock ?
2. Bagaimana menginstal software aplikasi Flock ?
3. Bagaimana cara pengunaan software aplikasi Flock dan mempublikasikan postingan blogger ?

BAB II

PEMBAHASAN

A.SEJARAH

            Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur web 2.0 lain pada tampilan antar mukanya. Browser ini dibuat mengunakan codebase Mozila Firefox, dibuat pada tahun 2005. Flock dikembangkan oleh Flock Inc, menggunakan bahasa pemrograman C++,XUL,XBL,JAVA, menyediakan bahasa Catalunya, Inggris, Finlandia, Frances, Jerman, Italia, Polandia, Slowakia, Spanyol, berlisensi ganda MPL. Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft Window, Mac OS X, Linux, situs web resmi Flock.com.
Flock adalah nama sebuah browser yang dibuat berbasiskan teknologi Mozila Firefox yang akan mempermudah anda untuk terhubung langsung ke blog email,dan situs jejaring social seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Flock memang memfokuskan diri untuk mereka yang menggunakan internet secara aktif. Ia memiliki banyak fitur yang menunjang untuk itu. Seperti “People Sidebar” dimana anda dapat langsung terhubung ke Facebook, Youtube, Flick, Twitter dan Digg. Selain itu ada juga “Media Bar” dimana anda dapat menemukan foto dan video yang menarik dari situs favorit anda.

B.KELEBIHAN FLOCK DAN FITUR-FITURNYA

            Berikut ini adalah fitur unggulan dari Flock :
§  The Blog Manager
§  The Flickr Topbar
§  RSS integration
§  Favorites with delicious integration
§  The Shelf
§  History search


Flock dilengkapi dengan fitur-fitur :
§  My world, memberikan akses cepat ke situs baru-baru ini dikunjungi favorit anda juga.
§  Bookmark, dalam penambhan dapat disimpan secara offline.
§  Media mini bar, memungkinkan anda untuk mencari isi dari situs seperti youtube
§  RSS Reader, salah satu keunggulan Flock yang tidak dimiliki oleh Mozila Firefox adalah built-in RSS Reader. RSS Reader milik flock juga mengijinkan anda mengelompokan RSS feed anda dalam folder berbeda-beda
§  Blogging, Flock juga memiliki blogging engine yang sangat memudahkan para blogger. Melalui flock, bloger dapat posting langsung ke wordpress, Typepad, Moveable Type, Blogger dan lain-lain
§  Kompetible dengan Extension milik Firefox, selain kelebihan lain yang tidak kalah menarik dari Flock adalah kompabilitasnya dengan add-on/extension milik Firefox. Anda dapat menginstal extension Firefox langsung ke Flock.

C.CARA MENGINSTAL FLOCK

1.  langkah pertama pda saat ingin memulai instalisasi Flock adalah menyetujui license agreement dengan cara member tanda pada kolom yang telah disediakan lalu pilih next
2. Setelah itu proses instalasi akan dimulai. Tunggu sampai instalasi selesai
3.Jika instalasi telah selesai, check-list launch flock now lalu pilih finish
4. Pada bagian selanjutnya adalah kita diminta untuk memilih stingan sebelumnya yang pernah kita lakukan pada browser lainnya. Pada sesi ini pilihlah firefox. Jika sudh memilih, kemudian tekan next
5. kemudian memilih home page yang akan kita gunakan, pilihlah flock untuk memilih home page. Lalu next untuk melanjutkan
6. Jika sudah, kita akan diberitahu apa sja yang telah sukses di import. Pilih finish untuk melanjutkan
7. Akan muncul jendela sepert dibawah ini, ini adalah tampilan awal web browser Flock.

D.CARA MENGUNAKAN SOFTWARE APLIKASI FLOCK

Ø  Cara menggunakan software aplikasi Flock dan mempublikasikan postingan blogger.
Salah satu keunggulan Flock adalah memberikan kemudahan untuk para blogger.
§  Setelah mengunduh dan menginstal Flock, pengguna bisa langsung menggunakannya.
§  Buka Flock dari menu start > all programs > flock > flock
Aktifkan Flock jika baru pertama kali anda mengunakannya, anda akan diminta untuk mengimport semua setting dari browser default anda sebelumnya, anda bisa menerima ya atau tidaknya untuk opsi ini.
§  Setelah jendela Flock terbuka, kliklah pada icon OPEN ACCOUNT AND SERVICE SIDEBAR yang berada di pojok kiri atas seperti kunci kecil, maka dibagian kiri browser Flock akan terbuka sebuah sidebar baru, kemudian klik pada BLOGGING > SELF HOST BLOG, sebuah jendela akan terbuka yakni SETUP MY BLOG.
§  Isikan alamat url lengkap dari blog anda, kemudian klik next. Flock secara otomatis akan mencari blog anda, jika sudah ditemukan akan mucul jendla baru BLOGING AUNTHENTICATION SETTING untuk mengisikan username dan password dari blog anda, lalu klik next. Jika sudah berhasil akan muncul jendela yang menyatakan BLOGGING.SETUP COMPLETE, lalu klik finish.
§  Sekarang anda sudah dapat memulai menulis posting ke blog anda dengan cara membuka editor blog yaitu melalui tombol CONTROL BLOG EDITOR di pojok kiri browser Flock bergambar seperti alat tulis buku ayam.         

BAB III

PENUTUP

A.KESIMPULAN

          Seiring dengan berkembangnya zaman komputer bukan lagi hal yang asing bagi semua manusia, dengan berkembangnya komputer banyak juga aplikasi-aplikasi atau software yang bermunculan, salah satunya adalah aplikasi Flock yang mempunyai banyak keungulan dan fitur-fiturnya. Aplikasi ini sangat diperuntukan bagi para blogger yang ingin selalu eksis di blognya.

 B.SARAN

            Mungkin inilah yang diwacanakan pada penulisan kelompok ini meskipun penulisan inijauh dari sempurna minimal kita mengimplementasikan tulisan ini. Masih banyak kesalahan dari penulisan dari kelompok kami, karena kami adalah manusia tempat salah dan dosa, dan kami jug membutuhkan kritik atau saran agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar